Sunday, April 22, 2018

Apa itu Penyimpanan Massal (Mass Storage Device)?


Assalamualaikum brother kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Penyimpan Masal atau Mass Storage Device

Mass Storage Device (MSD) adalah perangkat penyimpanan apapun yang memungkinkan untuk menyimpan dan mem-porting sejumlah besar data di seluruh komputer, server, dan dalam lingkungan TI. MSD adalah media penyimpanan portabel yang menyediakan antarmuka penyimpanan yang dapat bersifat internal dan eksternal ke komputer.

Perangkat penyimpanan massal juga dapat disebut sebagai perangkat penyimpanan tambahan. Istilah ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan perangkat penyimpanan massal USB.

MSD terutama terkait dengan perangkat penyimpanan yang menyediakan kapasitas penyimpanan yang konsisten dan permanen. MSD terhubung ke komputer / server melalui antarmuka transfer data, seperti SCSI, USB atau bahkan Ethernet (untuk jaringan area penyimpanan).

Jenis Jenis MSD

1. Floppy Disk

Floppy disk, juga disebut disket, atau hanya disk, adalah jenis penyimpanan disk yang terdiri dari piringan media penyimpanan magnetik yang tipis dan fleksibel, yang disegel dalam selungkup plastik persegi panjang yang dilapisi dengan kain yang menghilangkan partikel debu. Floppy disk dibaca dan ditulis oleh floppy disk drive (FDD)

2. Drive Tape
Tape drive adalah perangkat penyimpanan data yang membaca dan menulis data pada pita magnetik. Penyimpanan data pita magnetik biasanya digunakan untuk penyimpanan data arsip offline. Media tape umumnya memiliki biaya unit yang menguntungkan dan stabilitas arsip yang panjang.

3. Hard Disk

Hard Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan disk (cakram) yang dilapisi dengan bahan magnetik.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan sebenarnya masih banyak jenis jenis nya seperti flash disk, dirve optik dan yang lainnya.

Sekian dulu dulu dari saya Assalamualaikum

No comments:

Post a Comment